top of page

Grupo de Gastronomia

Público·13 membros
Emmanuel Konovalov
Emmanuel Konovalov

Dialog Naskah Drama Cerita Rakyat Betawi



Legenda yang berceritakan perjuangan seorang anak betawi. Ia bernama Pitung. Ia tinggal di sebuah kampung bernama kampung Bojong Kenyot. Dan dikampungya pula ia terkenal sebagai jagoan silat. Tak segan ia membantu banyak tetangganya yang membutuhkan bantuan. Tak lain seperti saat kampungnya di datangi oleh Belanda. Sejak kampung Bojong Kenyot didatangi Belanda, seing terjadi bentrok antara penduduk kampung dengan Belanda.




dialog naskah drama cerita rakyat betawi



Beberapa cerita rakyat Betawi bahkan sudah dibuat dalam buku hingga film. Salah satu cerita rakyat Betawi yang terkenal adalah si Pitung. Diketahui, si Pitung adalah sosok legendaris orang Betawi dari Rawa Belong yang jago bela diri. Pitung dikenal sebagai perampok ulung.


Meski dikenal sebagai perampok, si Pitung tidak mengambil semua harta perampokan. Dia selalu membagikan hasil rampokan yang kepada rakyat kecil yang ditemuinya. Dalam kumpulan cerita rakyat Betawi juga memiliki pesan dan nilai moral yang bisa diambil.


Posting kali ini awalnya akan Kakak buat menjadi naskah drama cerita rakyat nusantara yang berjudul Aji Saka. Namun karena Kakak pulang agak larut, Kakak baru bisa mempostingnya menjadi cerita rakyat dongeng Aji Saka. Nanti jika kakak ada waktu, kakak akan membuat beberapa contoh naskah drama pendek untuk bisa adik-adik pentaskan. Selamat membaca


Setelah mendengar cerita dari Lelaki tua tersebut, Aji Saka dan Dora melanjutkan perjalanan. Beberapa hari kemudian. Aji Saka sampai di kerajaan. Namun, kerajaan itu sangat sepi. Tidak ada satu orang pun yang terlihat, semua rakyat tidak keluar rumah karena takut di jadikan santapan sang Raja. Melihat keadaan tersebut Aji Saka segera menuju Istana dan menemui Patih. Aji Saka menyerahkan dirinya untuk di jadikan santapan sang Raja.


Lenong Preman kebalikan dari Lenong Denes. Lenong Preman membawakan cerita drama rumah tangga sehari-hari, disebut juga Lenong Jago. Disebut demikian karena cerita yang dibawakan umumnya kisah para jagoan, antara lain: Si Pitung, Jampang Jago Betawi, Mirah Dari Marunda, Si Gobang, Pendekar Sambuk Wasiat, Sabeni Jago Tenabang, dan lain-lain. Dengan begitu diketahui cerita tentang kepahlawanan dan kriminal menjadi tema utama lakon lenong.


Cerita rakyat yang berkembang di Jakarta selain cerita rakyat yang sudah dikenal seperti Si Pitung, juga dikenal cerita rakyat lain seperti serial Jagoan Tulen atau Si Jampang yang mengisahkan jawara-jawara Betawi baik dalam perjuangan maupun kehidupannya yang dikenal "keras".[19] Selain mengisahkan jawara atau pendekar dunia persilatan, juga dikenal cerita Nyai Dasima yang menggambarkan kehidupan zaman kolonial. Cerita lainnya ialah Mirah dari Marunda, Murtado Macan Kemayoran, Juragan Boing dan yang lainnya.


Teks drama adalah teks yang bermuatan kisah atau cerita yang dikemas melalui dialog untuk dibawakan melalui seni peran atau akting sehingga dapat menggambarkan cerita dan berbagai peristiwa yang disajikan dalam suatu pentas drama. Pengertian tersebut diperkuat oleh pendapat ahli Tim Kemdikbud (2017, hlm. 235) yang mengemukakan bahwa drama adalah sebuah cerita atau kisah yang menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku akting atau dialog yang dipentaskan.


Senada dengan pendapat di atas, Kosasih (2017, hlm. 132) memaparkan pula bahwa drama adalah bentuk karya sastra yang bertujuan untuk menggambarkan kehidupan dengan menyampaikan pertikaian dan emosi melalui lakon dan dialog. Sementara itu menurut Waluyo (2002, hlm. 2) naskah drama merupakan salah satu genre karya sastra yang sejajar dengan prosa dan puisi namun bentuknya berbeda.


Berbeda dengan tim Kemdikbud, Endraswara mengakomodasi berbagai struktur penyokong utama dari teks drama seperti adegan dan pentas. Sementara itu tim Kemdikbud mengerucut pada drama sebagai produk teks yang menyatakan cerita.


Kaidah atau ciri kebahasaan teks drama yang paling kuat adalah di dalamnya hampir semua berupa dialog atau tuturan langsung para tokohnya. Sehingga, kalimat-kalimat yang tersaji di dalamnya hampir semuanya berupa dialog atau tuturan langsung para tokohnya.


Karena drama banyak menggunakan tuturan langsung, maka sebagaimana halnya percakapan sehari-hari, dialog dalam teks drama sering kali menggunakan kosakata percakapan, seperti: oh, ya, aduh, sih, dong. Selain itu, menurut tim Kemdikbud (2017, hlm. 264) teks drama memiliki ciri-ciri kebahasaan sebagai berikut.


Namun saat ini Tari Kecak tidak hanya menjadi seni pertunjukan tradisional saja, melainkan menjadi drama musikal yang indah. Pasalnya, Tari Kecak menceritakan pewayangan Ramayana yang banyak diminati wisatawan dalam dan luar negeri.


Sendratari Ramayana dipentaskan lebih dari 200 penari serta para pemain gamelan tradisional. Berbeda dengan seni pertunjukan lainnya, Sendratari Ramayana menampilkan tarian dan drama tanpa dialog. Kerennya, penampilan Sendratari Ramayana berhasil memukau Raja dan Ratu Belanda Willem-Alexander dan Maxima Zorreguieta Cerruti, saat berkunjung ke Prambanan pada Maret 2020.


Cerita rakyat adalah cerita khas daerah yang diambil yang mengandung banyak hikmah dan nilai-nilai penting yang bisa diambil dan dipraktekkan di kehidupan sehari-hari. Cerita rakyat yang disebarkan dari mulut kemulut biasanya tidak dikenal pengarangnya yang disebut sebagai folklor atau dongeng.


Banyak sekali cerita rakyat panjang di Indonesia, terdapat 366 cerita rakyat Nusantara atau lebih, mulai dari cerita rakyat dari Jawa Tengah dan cerita rakyat Jawa secara keseluruhan, ada juga cerita rakyat Riau, cerita rakyat Kalimantan, cerita rakyat Bali, cerita rakyat Papua, cerita rakyat Lampung dan kumpulan cerita rakyat nusantara lainnya.


Banyak cerita rakyat dalam bahasa Inggris, yang berisi sinopsis cerita rakyat dari setiap jenis jenis cerita rakyat yang penuh dengan makna. Berikut ini adalah contoh cerita rakyat singkat yang mungkin beberapa telah Sedulur ketahui cerita. Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!


Meskipun sudah ada sejak zaman dahulu, namun hikmah yang terkandung pada cerita rakyat Indonesia masih tetap dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari saat ini. Apabila Sedulur tertarik untuk membaca cerita rakyat Indonesia terbaik sepanjang masa, berikut adalah 20 daftar cerita yang dapat Sedulur pilih. Selamat membaca!


Pertama adalah cerita rakyat yang berasal dari Jawa Barat, yaitu lutung kasarung. Cerita ini berasal dari Pasundan atau daerah Sunda. Menceritakan tentang seorang raja bernama Prabu Tapak Agung yang memiliki dua orang putri bernama Purbasari dan Purbararang. Sang raja berniat untuk turun tahta dan menjadikan Purbasari sebagai penerus pemimpin kerajaan. Namun, Purbararang merasa kesal dengan keputusan ayahnya dan berniat menyelakai Purbasari.


Dalam teks cerita rakyat, tedapat beberapa jenis cerita rakyat, baik berdasarkan genre atau pun berdasarkan gambar cerita rakyat. Kisah atau cerita rakyat selanjutnya tentang asal usul daerah yang bernama Alue Naga. Alue Naga adalah cerita rakyat yang berasal dari Riau dan menceritakan sebuah tempat dimana terdapat seekor naga yang kepalanya tertusuk pedang.


Sama seperti cerita di atas, beberapa cerita rakyat dalam bahasa Jawa seringkali memuat informasi terkait asal-usul sebuah daerah yang tidak terlepas dari mitos dan cerita rakyat yang ada di daerah tersebut.


Bagi masyarakat Jawa Tengah tentu sudah tidak asing lagi dengan cerita rakyat Rawa Pening. Cerita ini merupakan asal-usul terbentuknya daerah Rawa Pening. Diceritakan, seorang wanita bernama Endang melahirkan seekor naga besar yang diberi nama Baru Klinting. Baru Klinting merupakan seekor naga yang bisa berbicara seperti manusia biasanya.


Selanjutnya adalah cerita rakyat Sangkuriang, yang memuat kisah bagaimana Gunung Tangkuban Perahu tercipta. Cerita bermula ketika seorang perempuan bernama Dayang Sumbi yang mempunyai seorang anak bernama Sangkuriang.


Cerita rakyat yang menarik selanjutnya datang dari Sulawesi Tenggara yaitu La Moelu yang menceritakan tentang seorang gadis perempuan yang diberi tugas oleh ayahnya untuk mengurus ikan kecil dan aneh yang ditangkap ayah tersebut ketika memancing. Gadis tersebut bernama La Moelu, sama seperti judul cerita rakyat kali ini.


Selanjutnya adalah cerita rakyat dari Sumatera Barat yang sudah sangat populer yaitu Malin Kundang. Cerita rakyat Malin Kundang menceritakan tentang Malin, seorang anak yang merantau dari kampung halaman dan mendapatkan kesuksesan, sehingga dapat meminang perempuan kaya raya. Namun Malin sangat malu tentang masa lalunya yang sangat sengsara.


Sedangkan Raja Parakeet malah tidak sempat meloloskan diri. Pemburu pun membawa pulang Raja Parakeet dan menjualnya kepada Raja Aceh. Kini Raja Parakeet hidup di istana. Terkurung dalam sangkar emas dengan makanan yang terjamin. Namun, Raja Parakeet tidak bahagia. Ia lebih senang tinggal di hutan.Raja Parakeet pun berpura-pura mati. Raja Aceh berniat menguburnya. Setelah sangkar dibuka, Raja Parekeet melesat terbang kembali ke hutan tempat tinggalnya.Cerita rakyat yang satu ini berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Pesan moral dalam cerita ini ialah seorang pemimpin harus bijaksana dan rela berkorban untuk bawahanya.


Batu menangis merupakan cerita rakyat Kalimantan Barat. Cerita rakyat ini bisa menjadi pelajaran yang sangat baik diberikan kepada anak-anak Sedulur. Karena terdapat hikmah yang bisa dipetik dari kisah tentang batu menangis. Batu menangis ini menceritakan tentang seorang anak perempuan yang durhaka kepada ibunya.


Selanjutnya merupakan cerita rakyat Betawi, yaitu cerita rakyat Si Pitung. Si Pitung merupakan jagoan dari Betawi yang berperan dalam melawan penindasan dari penjajah Belanda. Pitung pun bertekad untuk memperdalam ilmu agama dan ilmu persilatan. Akhirnya Si Pitung pun berguru pada Haji Naipin, hingga akhirnya Pitung menguasi segala ilmu yang diajarkan oleh Haji Naipin.


Selanjutnya adalah cerita rakyat yang cukup populer dari Jawa Timur yaitu Cindelaras yang menceritakan tentang kekeliruan seorang Raja terhadap permaisurinya. Seorang Raja Kendala, beranama Raden Putra, memiliki satu permaisuri dan satu selir. Sang selir pun menginginkan menjadi permaisuri dan segera memfitnah permaisuri. Raja pun terhasut dan membuang permaisuri ke hutan, dan memerintahkan Patih kerajaan untuk membunuh permaisuri.


Informações

Bem-vindo ao grupo! Você pode se conectar com outros membros...